Ketemu Restful Lagi

Agak aneh ya judulnya "Ketemu Restful Lagi". Rasanya agak kurang puas kalau belum posting, lol.
Sekedar mengingat kembali catatan saya tempo lalu sih.

Last Project di IT Consultant, Loh kok last project, iya nih rencana memang mau menghabiskan kontrak kerja akhir bulan Mei 2016 ini. I don't know mau lanjut jadi JAVA Developer lagi or NOT. Dunia Coding mengkoding memang tidak ada habisnya kalau dipikir - pikir, dan tidak selamanya juga seumur hidup jadi programmer, masing - masing orang mungkin punya goal masing2x, termasuk ANDA bukan?

Aduh sorry jadi curhat dulu nih ya.

Next kedepan Interest saya antara SA, BA, or PM maybe. Tapi saya tidak tau JODOH saya dimana nanti, mungkin masih ada perusahaan yang baik hati mau menerima saya yang berangkat dari Java Programmer ini. Salah satu alasan saya ingin menjadi antara ke 3 posisi tersebut adalah, "Ingin Mempelajari Bisnis Functionalnya lebih dalam, Karena kalau secara Technical mungkin Otodidak pun tidak masalah :-)"

Jadi apakah perusahaan ANDA insterest untuk meng-Hire saya, hehe #Kidding, Serius malah bagus, lol.

Ok Back To Topik. Ada apa dengan Restful, Ciyeh kaya ada apa dengan Cinta nih.

Ada masukan dari teman, kalau lu mau jadi IT BA, coba deh lu pelajarin lebih dalam Architecture yang bisa dipakai JAVA, Dia menyarankan pelajarin "Microservices Architecture" > Bisa dilihat di http://microservices.io/ lalu setelah saya telurusin web itu yang bisa dipakai oleh technologi JAVA antara lain :

  • Spring Boot
  • Spring Scala
  • Dropwizard

Beberapa tahun yang lalu saya pernah oprek Restful masih mengunakan tehnik mapping XML segala macam di http://teko-sulaiman.blogspot.com/2014/10/restful-spring-mvc-hibernate-with.html

Ketika mempelajari Spring Boot, Mirip - mirip hanya saja semua settingan segala macam pure murni di JAVA-nya alias tidak menggunakan XML lagi.


Web Based memang cocok mengunakan Architecture Java ini, mengenai Front-End, saya tidak bisa recomended, karena saya jarang Coding JavaScript, selama ini seringnya Web Component.

Hasil Test Run


Ok, next time kalau sempat saya bedah lagi nanti lebih dalam mengenai ini. See you. :-)

NB : Ecommerce lagi booming Architecture yang lama yang jarang dilirik akhirnya di pakai juga, lol CMIIW kalau saya salah.

1 comment:

  1. lebih bagus menggunakan framework camel jika ingin membuat web service dalam bentuk SOAP, RestFull maupun SOA

    ReplyDelete