Java Interview Questions

Java Interview Questions

Kali ini saya akan memposting tentang seputar interview "Technical Programming". Apakah penting?
Penting kalau menurut saya pribadi, sekalian sharing pengalaman juga seputar interview di beberapa perusahaan ibu kota jakarta ini, bagi yang ingin melamar sebagai Java Developer.

Ok, Beberapa hari silam pikiran saya masih mengganjal tentang seputar Java Interview ini, mungkin saya juga berpikir melihat dari pengalaman CV saya bahwa, tidak mungkin juga saya di posisi Fresh Graduated lagi.

#Maaf Sekalian Curhat :-)

Teori bagi sebagian programmer memang tidak penting, yang penting praktek, tapi teori menjadi penting ketika kita sedang interview di perusahaan. Hanya karena kita tidak paham teori padahal kita tau dan bisa dalam prakteknya, mungkin itu salah satu penyebab tidak lolosnya test kita di suatu perusahaan.

#Pengalaman Pribadi, Hehehe,...

Ada banyak sekali informasi ini bertebaran di internet, dan salah satunya saya juga menemukan link ini http://www.javatpoint.com/corejava-interview-questions. Menurut pengalaman pribadi kalau sedang interview ada 3 macam orang yang sering saya jumpai di perusahaan, yang diantaranya sbb:
  1. HRD
  2. User Technical
  3. User ( Setingkat Directur )
Saya akan fokus pada nomer 2.

Lantas pertanyaan apa yang sering diajukan?
SIMPLE but kalau kita sepelekan ya itu tadi, diterima atau tidaknya kita ya mungkin karena wawasan kita masih kurang tentang TEORI bukan PRAKTEK.

Dari sekian banyak pertanyaan di http://www.javatpoint.com/corejava-interview-questions, saya akan memilih beberapa pertanyaan yang sering diajukan ke saya, anggap saja ini sebagai interview juga buat ANDA dan SAYA kedepannya, dan pertanyaan tersebut diantaranya:
  1. Apa itu JAVA?
    Menurut saya JAVA itu adalah 1 dari sekian Bahasa PEMROGRAMAN yang berorientasi pada suatu OBJECT. ( Tidak mungkin juga saya jelaskan sampai sejarahnya kan )
    Refferensi https://id.wikipedia.org/wiki/Java ( Koreksi Kalau saya salah )
  2. Apa itu Class?
    Class adalah jika saya ibaratkan Wadah untuk membuat KUE, class itu sebagai cetakannya, untuk menampung adonannya, jadi apa itu CLASS, class adalah untuk menampung baris code yang kita akan buat sesuai tujuan kita.
    ( Koreksi Kalau saya salah )
  3. Apa itu Object?
    Object adalah suatu benda yang dapat dilihat mata, lalu apa itu object di java?
    Contoh : Mobil mobil = new Mobil(); 
    ( Koreksi Kalau saya salah )
  4. Apa itu OOP?
    OOP adalah
    Object Oriented Programming, iya saya tau tapi apa itu OOP. Sudah jelas OOP itu Suatu methode bahasa pemrograman yang berorientasi pada OBJECT.  ( Koreksi Kalau saya salah )
  5. Dan selanjutnya dan seterusnya, Pertanyaan selanjutnya saya hanya akan menulis Just question no the answer, silahkan Anda ( Pelamar ) cari sendiri reffrensinya, tentunya saya juga akan membaca lagi dan lagi, belajar lagi dan lagi about TEORI.
  6. Apa itu Extend?
  7. Apa itu Constructor?
  8. Apa itu Methode Overloading?
  9. Apa itu Methode Overridding?
  10. Apa itu static?
  11. Kapan static itu diperlukan?
  12. Apa itu JVM ( Java Virtual Machine )?
  13. Apa itu Garbage Collection?  
  14. Apa itu SOAP?
  15. Apa itu REST? 
  16. Apa itu Framework?
  17. Apa itu LIB?
  18. Apa itu JSP ( Java Server Pages )?
  19. Apa itu AJAX?
  20. Apa itu Web Server?
  21. Apa itu HTTP?
  22. Bisa Anda Jelaskan Konsep MVC ( Model View Control )?
  23. Bisa Anda Jelaskan Konsep MVVM ( Model View View Model )? 
  24. Bisa Anda Jelaskan Cara Kerja HTTP?  
  25. Bisakah REST berjalan tanpa BROWSER?
  26. Apakah Anda Pernah memakai Git, SVN, dan sejenisnya?
  27. Bisa anda Jelaskan Konsep Client Server itu?
  28. Bisa anda Jelaskan Konsep Server Side itu? 
  29. Apa itu Hibernate?
  30. Apa itu Spring?
  31. Apa itu Persistence? 
  32. Apa itu MAVEN?
  33. Apa itu Gradle?
  34. Apa itu Ant?
  35. Apa itu IDE? 
  36. Buat lah suatu program menggunakan FOR ( Sering saya Jumpai )? 
  37. Database apa yang sering Anda gunakan?
  38. Apa Cita - cita Anda kedepan?
  39. More,..
  40. Anda More seputar Technology java. 
Dan masih banyak lagi pertanyaan yang sering diajukan ke saya yang mungkin saya TAU dan tidak asing di telinga saya istilah dan hal - hal tersebut, namun karena saya manusia biasa bukan manusia sempurna tidak mungkin juga saya melahap semua informasi yang ada.

Saya pribadi kalau mengukur skill saya di java programming, entah saya masih di level berapa antara 1 - 10. Technology Java sangat luas dan selalu berkembang, Mulai dari Media Desktop, Mobile sampai WEB dan Card. Apakah ANDA menguasai semua, apakah Range 1 - 10 bisa menjadi tolak ukur kemampuan sesesorang.

#I don't Think So

Berkaca dari pribadi yang terpenting adalah SIKAP mau belajar, learn, learn and learn, ALWAYS.

Saya teringat ketika beberapa tahun lalu pernah interview di perusahaan korea, mereka menganut system Portofolio Sample Project yang kita buat atau apalah itu lengkap dengan Mock Up dan penjelasan segala macam ( Yang jelas Buatan sendiri, Bukan hasil Download ).

Dan saya lebih tertarik seperti itu, karena dari situ ANDA ( Sebagai Penginterview Technical ) Bisa mengukur kemampuan Seseorang dari hasil KARYA-nya bukan Men-Judge dari hasil interview percakapan yang seolah - olah orang tersebut tidak kompeten di dunia programming.

#Maaf jadi terbawa suasana, Wkwkwkw.

Tapi dari sekian postingan yang saya tulis intisarinya adalah Turunkan EGO kita ( Pelamar ) dan mau menerima hal - hal baru dari orang baru, belajar, browsing, baca buku, sharing knowledge, ikut - ikut seminar programming juga, guna memperluas pengetahuan kita terkait skill yang kita dalamin tersebut.

Ok sekian postingan saya, semoga bermanfaat,
Dan mohon maaf kalau ada salah - salah kata.

See you next posting.

2 comments:

  1. Terima kasih atas pertanyaan wawancara java besar. Saya sarankan pertanyaan-pertanyaan wawancara java juga untuk pemula:
    http://www.how-to-program-in-java.com/2016/08/03/core-java-interview-questions-answers-top/
    itu membantu saya untuk mendapatkan disewa.

    ReplyDelete