Kenapa Harus EXE

Kenapa Harus EXE


Sebelumnya saya akan membahas apa itu EXE. Exe menurut pengertian singkat saya adalah Suatu file yang ber-Extensi (dot)exe pada program komputer, yang bertujuan untuk menjalankan suatu aplikasi/software untuk dijalankan sesuai kebutuhan kita.

Contoh File yang mempunyai .exe saya ambil gambaran adalah program Winamp 
 













Ketika anda meng-klik winamp.exe maka akan keluar tampilan proram pemutar musik untuk Anda jalankan, lalu Anda bisa mendengarkan musik kesayangan Anda, itu salah satu gambaran tentang file ber-Extensi yang saya maksud.

Lalu apa hubungannya dengan Program JAVA?

IDE potingan ini sudah lama muncul di dalam benak saya, ketika saya melihat FORUM di FB ( https://www.facebook.com/groups/ForumJavaIndonesia/ ) banyak sekali pertanyaan berulang seperti :

  1. Bagaimana sih membuat Installer di JAVA?
  2. Bagaimana sih membuat File EXE di JAVA?
  3. Bagaimana sih mem-Bundle Database MySQL dengan JAVA?
  4. Dll.

Dan rata - rata ingin sekali Aplikasi yang sudah di Build di jadikan EXE, Why?

  • Apa karena si Pembuat takut di BAJAK hasil karya programnya.
  • Takut disalahgunakan.
  • Agar KEREN mungkin.
  • Atau apa ... 

Java sudah mendukung untuk aplikasinya Stand Alone untuk dijalankan tanpa harus RUN dari IDE, ketika Anda membuild suatu aplikasi di Java yang Anda pikir sudah jadi, itu bisa Anda jadikan (dot)Jar.

Saya ambil contoh software Database yang bisa dijankan dengan ekstensi .jar


Jadi kesimpulannya, kenapa Anda tidak memanfaatkan saja Fiture yang sudah ada di JAVA. Java is Multi Platform yang artinya bisa dijalankan di setiap OS yang berbeda seperti Window, Linux, Mac. Bayangkan ketika anda ingin menjalankan Program yang Anda buat dengan ekstensi .EXE di Linux atau Mac, apakah bisa, bisa kalau anda install pihak ketika seperti Wine di linux, tapi menurut saya agak memakan waktu lagi, Hehehe.

Tips yang berhungan untuk menjadikan Aplikasi Anda Stand Alone ( Tidak saya bahas satu per satu disini, mungkin Next time).

  1. Build aplikasi menjadi .Jar
  2. Bundle Database, saya sarankan pakai Sqlite3, Microsoft Access, Java Derby gak pakai ribet
  3. Untuk Java Berbasis Web bisa gunakan Tomcat, Jetty
  4. Membuat Installer menjadi seperti klik - klik next - next gunakan IzPack

Semua tergantung pribadi masing - masing mungkin "Kenapa Harus EXE" hanya Anda yang punya plus mines nya tersendiri. Intinya apapun Ekstensinya programmnya tetap JAVA, Lol,...

No comments:

Post a Comment